Tesis

Efek Dilatasi Pupil dan Keamanan Penambahan Anestesi Topikal terhadap Penetesan Tropikamid 0,5% dan Fenilefrin 2,5% pada Mata Neonatus = The Efficacy and Safety of Pre-instilling Topical Anesthetic on Pupillary Dilatation In Newborn Eyes.

Tujuan: Membandingkan ukuran, perubahan dilatasi, dan laju dilatasi pupil serta perubahan tekanan darah sistolik, diastolik, mean arterial pressure (MAP), dan frekuensi nadi pada neonatus yang diberikan tetes mata tropikamid 0,5% dan fenilefrin 2,5% dengan maupun tanpa penambahan tetrakain 0,5%.

Metode: Uji eksperimental acak tersamar ganda ini membandingkan dua kelompok, yaitu yang mendapat tetes mata tetrakain 0,5% 5 menit sebelum penetesan prosedur standar midriatikum (tropikamid 0,5% + fenilefrin 2,5% - 3x penetesan tiap 15 menit) atau artificial tears + prosedur standar midriatikum. Seratus mata neonatus aterm sehat dirandomisasi ke dalam masing-masing kelompok. Pemeriksaan diameter pupil, tekanan sistolik, diastolik, MAP, dan frekuensi nadi dilakukan pada baseline, menit ke-15, 30, 45, dan 60 pasca penetesan obat.

Hasil: Penambahan tetrakain 0,5% setelah 60 menit menghasilkan diameter pupil dan selisih perubahan dilatasi lebih besar, serta laju dilatasi pupil lebih cepat yang secara statistik bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Monika Ratnasari - Nama Orang
Rianto Setiabudy - Nama Orang
Rita Sita Sitorus - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang
Julie Dewi Barliana - Nama Orang

No. Panggil
T 15 550 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Mata.,
Deskripsi Fisik
xviii, 63 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15550FKT15550FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Dilatasi Pupil dan Keamanan Penambahan Anestesi Topikal terhadap Penetesan Tropikamid 0,5% dan Fenilefrin 2,5% pada Mata Neonatus = The Efficacy and Safety of Pre-instilling Topical Anesthetic on Pupillary Dilatation In Newborn Eyes.

Related Collection